Cara Cek Blokir Kendaraan dengan Mudah

cara cek blokir kendaraan

Satu diantara persoalan yang biasa terjadi, adalah status kendaraan motor yang mengambang. Keadaan itu berasal saat anda, ingin jual kendaraan tanpa memblok pemilikan STNK. Hal itu tentu saja benar-benar bikin rugi, karena itu cara cek blokir kendaraan sangat diperlukan.

1. Langkah Memblok Status Kendaraan

Anda perlu waspada karena ada pajak progresif, karena cukup bikin rugi dan kuras banyak ongkos. Apalagi saat anda merencanakan jual kendaraan, karena itu perlu memblok pemilikan STNK. Bila tidak disegera karena itu pembayaran pajak, akan ditanggung ke sang penjual. Karena atas nama STNK masih memakai identitasnya.

Memblok STNK sebetulnya tidak susah, anda dapat minta tolong untuk petugas Samsat paling dekat. Tetapi awalnya siapkan surat penyerahan, kelengkapan arsip, dan bukti surat transaksi bisnis jual kendaraan. Untuk proses penutupan perincian data personal harus komplet, bila tidak punya fotocopy STNK dapat menyertaka tipe dan nomor polisi kendaraan.

Bila anda terhitung sang konsumen kendaraan, karena itu peringatkan penjualnya untuk membalik nama. Tak perlu tunda sampai berlarut-larut, karena petugas Samsat akan layani dengan cepat. Sehingga proses penutupan tidak menanti waktu yang lama, sesudahnya tak perlu cemas berkaitan pajak progresif.

2. Cek Pajak Kendaraan Melalui Laman Resmi

Sekarang ini teknologi berkembang lebih cepat, dan berjalan lebih progresif. Lewat teknologi beberapa hal susah sekarang dapat dikerjakan secara mudah. Oleh karena itu pemerintahan mengadopsi kehebatan, selanjutnya diaplikasikan untuk memeriksa pajak kendaraan lewat cara online. Pihak Samsat memberikan fasilitas berbentuk kemudahkan akses web, yang bisa dilaksanakan kapan saja.

Pemilik kendaraan dapat memeriksa besarnya pajak, lewat website resmi Samsat. Anda cukup masukkan nomor kendaraan, dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Cara barusan bisa anda dapatkan, di situs pertama saat buka situs. Sesudah data diisi akan ada info resmi, berkaitan jumlah tagihan pajak yang perlu dibayar.

3. Ketahui Jumlah Pajak Melalui SMS

Selain lewat web, anda dapat lakukan pengecekan dengan mengirim pesan singkat. Triknya pemilik kendaraan memakai service SMS, bernomor dan pola sama sesuai Samsat tiap daerah. Harus dipahami jika kode per daerah berbeda, jadi langkah pengiriman pesan pun ada perbedaan.

Saat mulai memakai fitur ini kelak akan ada beberapa opsi. Pilihan 1 untuk informasi kendaraan, pilihlah 2 pajak kendaraan, opsi 3 pajak reminder, dan layanan yang lain. Untuk bayar pajak bisa pilih nomor 2, selanjutnya masukan ketentuan sama sesuai permintaan dan tinggal menanti balasan.

Inilah 3 tahapan cara cek blokir kendaraan yang bisa kamu terapkan, semoga bermanfaat.

Lifestyle