Lakukan 5 Perawatan, Mobil Tetap Prima Saat Jarang Digunakan

cara merawat mobil jarang dipakai

Sejak diterapkannya PPKM Darurat Jawa-Bali, banyak perusahaan di daerah Tangerang yang menerapkan kebijakan WFH (Work from Home). Akibatnya, mobilitas masyarakat pun terbatas dan kendaraan menjadi lebih sering menganggur di rumah. Meski begitu, bukan berarti Anda tak perlu melakukan perawatan mobil. Agar kondisinya tetap prima dan biaya servis mobil bekas daerah Tangerang tidak membengkak, 5 perawatan sederhana berikut ini bisa Anda lakukan selama berada di rumah.

Merawat Mobil Agar Kondisinya Tetap Prima Meski Di Rumah Saja

Melakukan perawatan mobil sendiri saat di rumah bisa jadi kegiatan positif sekaligus memastikan kondisinya tetap prima. Nah, berikut ini 5 tips sederhananya untuk Anda.

  • Panaskan mesin mobil secara teratur

Dilansir dari Otomotif.Tempo, tips pertama untuk merawat kondisi mobil saat di rumah saja adalah memanaskan mesinnya secara teratur. Memanaskan mesin mobil akan menjaga sirkulasi oli mobil dan komponen dalam mobil tetap terlumasi secara baik. Selain itu, memanaskan mesin mobil akan membuat daya aki bekerja secara maksimal, sehingga tegangannya pun stabil. Tak butuh waktu lama untuk memanaskan mobil, setidaknya sekitar 10 sampai 15 menit setiap harinya.

  • Ubah posisi parkir mobil agar roda ban ikut bergerak

Sebagian orang mungkin enggan mengubah posisi parkir mobil di garasi dengan berbagai alasan. Padahal, hal sepele ini cukup berguna untuk menjaga bentuk ban mobil Anda. Dengan mengubah posisi parkir mobil, roda ban akan ikut bergerak dan tidak bertumpu pada satu posisi tertentu, sehingga bentuknya akan tetap ideal.

  • Periksa area ruang mesin

Lakukan pemeriksaan area ruang mesin agar kondisi mobil Anda tetap prima. Pastikan area tersebut terjaga kebersihannya dan terhindar dari benda asing yang bisa mempengaruhi keamanan ruang mesin dan kinerjanya. Jika area ruang mesin terlihat kotor, maka bersihkan area tersebut agar kondisi mesin tidak terganggu.

  • Bersihkan bagian interior mobil

Dilansir dari Republika, menjaga kebersihan interior mobil adalah salah satu cara membuatnya tetap prima meski tidak digunakan selama PPKM. Interior mobil yang dibersihkan secara rutin akan terhindar dari kuman dan jamur yang menimbulkan bau tak sedap. Membersihkan interior dapat Anda lakukan dengan menyedot debu menggunakan vacum cleaner dan lakukan penyemprotan pada bagian kabin dengan cairan desinfektan.

  • Jangan biarkan tangki bahan bakar kosong

Terakhir, jangan biarkan tangki bahan bakar mobil Anda kosong. Tangki yang dibiarkan kosong akan membuat angin masuk ke pompa injeksi. Hal ini bisa menyebabkan masalah baru yang berpengaruh ke pengeluaran Anda. Oleh karenanya, pastikan bahan bakar terisi penuh, atau setengah dari kapasitas maksimum tangki mobil Anda.

Nah, itu tadi cara merawat mobil selama PPKM Darurat agar tetap prima. Tentunya, cara di atas juga bisa Anda terapkan saat mobil jarang digunakan meskipun bukan karena PPKM.

Teknologi