Mengenal Platform Crowdfunding, Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Platform Crowdfunding, Kelebihan dan Kekurangannya

Meningkatkan modal merupakan tantangan yang banyak dihadapi oleh para pelaku usaha start up. Tapi untungnya saat ini para pengusaha bisa menadpatkan banyak pilihan jika ingin memperoleh dana tambahan sesuai yang mereka butuhkan.

Alternatif pendanaan menjadi solusi terbaik untuk para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya agar semakin maju dan berkembang. Salah satunya adalah crowdfunding yang menjadi salah satu jenis pendanaan atau permodalan yang tengah populer di Indonesia saat ini.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan sistem permodalan crowdfunding, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu crowdfunding. Jadi crowdfunding merupakan sebuah metode atau cara menghasilkan modal yang sistem nya adalah menggalang dana melalui sebuah platform khusus.

Crowdfunding terdiri dari 3 komponen penting yakni pengusaha yang memerlukan dana tambahan, donatur dan penyedia atau platform crowdfunding. Crowdfunding sendiri memiliki batas waktu yang sudah ditentukan. Jadi bisa dalam hitungan minggu dan bisa juga hitungan bulan. Jika Anda tertarik menggunakan platform ini, berikut keuntungan yang Anda dapatkan:

  1. Pendanaan Tidak Harus Saham Sebagai Hadiah/ Imbalan

Jika Anda pelaku usaha di Indonesia dan ingin mendapatkan tambahan modal lebih banyak, Anda tidak harus gunakan equity crowdfunding Indonesia supaya investor tertarik dan mau memberikan pinjaman lebih besar. Karena pendanaan pada situs crowdfunding memang tidak hanya sebatas saham saja. Anda bisa berikan pengembalian berupa produk atau karya untuk para investor yang sudah mau memberikan modalnya untuk Anda.

  1. Lebih Mudah Mendapatkan Investor

Kemudian, Anda juga akan mendapatkan investor yang jauh lebih mudah apabila menggunakan platform pendanaan crowdfunding ini. Dan Anda juga bisa mendapatkan wadah atau tempat untuk promosi usaha Anda. Apalagi jika platform yang Anda gunakan sudah terkenal dimana-mana. Pastinya produk atau usaha Anda akan lebih dikenal tanpa harus melakukan promosi yang dapat memakan banyak waktu, biaya serta tenaga Anda.

Tapi meski terdapat banyak keuntungan atau kelebihannya, crowdfunding juga memiliki kekurangan. Dan berikut ini kekurangan jika Anda menggunakan situs crowdfunding:

  1. Dana Terbatas

Kekurangan pertama adalah dana yang terbatas. Jadi jika Anda memerlukan banyak dana sepertinya platform satu ini tidak cocok untuk Anda. Meski Anda akan mendapatkan bantuan hingga 1 miliar tapi bagi pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya tentu akan membutuhkan dana lebih dari itu.

  1. Biayanya Mahal

Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan uang yang cukup mahal untuk mendapatkan bantuan darai investor melalui situs crowdfunding ini. Karena situs seperti ini sebenarnya bisnis juga dan mereka ingin mendapatkan uang dari usaha yang mereka jalankan.

Jadi itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan crowdfunding. Sebenarnya di Indonesia ada jenis pendanaan lain yang sepertinya jauh lebih aman dan menguntungkan baik untuk pemilik modal maupun peminjam modal yaitu Peer To Peer Lending. Terutama untuk Anda yang ingin meminjamkan modal dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan.

Anda bisa bergabung di Amartha yang merupakan salah satu platform P2P lending terkemuka dan terpercaya dimana Anda akan mendapatkan keuntungan hingga 15% di setiap tahunnya. Dan untuk Anda yang ingin meminjam dana atau modal, Anda akan mendapatkan dana yang lebih bervariasi dan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Bisnis