Kenali Gejala Penyakit Gangguan Bipolar di SehatQ.com

SehatQ.com
Penyakit yang dialami oleh manusia tidak hanya menyerang bagian fisik saja melainkan juga psikis dan kejiwaan. Salah satunya ialah gangguan bipolar (bipolar disorder). Untuk memastikan seseorang mengalaminya, diperlukan diagnosis oleh ahlinya (psikiater, psikolog).

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyakit Gangguan Bipolar

Bipolar sering disamakan dengan kepribadian ganda, merupakan sejenis gangguan mental yang ditandai dengan adanya perubahan drastis pada emosi seseorang. Penderitanya merasakan perasaan amat bahagia (maniak) dan sangat terpuruk (depresif) dalam jangka waktu berdekatan.

Gejala-gejala Gangguan Bipolar

Perubahan emosi (mood swing) yang tidak normal memang tidak otomatis menjadi gejala gangguan bipolar. Namun umumnya, para penderitanya mengalami hal tersebut. Mereka dapat merasakan ledakan perasaan positif dan negatif dalam waktu yang berdekatan.

Sementara itu gejala lain yang timbul akibat gangguan bipolar di antaranya: berbicara terlalu cepat dan sering, meningkatnya rasa percaya diri secara berlebihan, merasa sangat bersemangat, tidak nafsu makan, menurunnya keinginan untuk tidur, nafsu makan berkurang dll.

Penyebab Gangguan Bipolar

Sebenarnya belum diketahui pasti apa penyebab pasti dari gangguan kejiwaan ini. Namun pada kasus yang terjadi seringkali diawali dengan adanya trauma psikis maupun fisik dialami penderitanya di masa lalu. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada bagian neurotransmitter.

Anak broken home, perceraian, pelecehan seksual, kekerasan verbal maupun fisik yang cukup parah dan sebagainya merupakan faktor penyebab paling sering terjadinya bipolar ini. Selain itu bisa juga disebabkan oleh penyakit fisik, kecanduan alkohol atau narkoba dan juga gangguan tidur.

Diagnosis Gangguan Bipolar

Terkadang, gejala bipolar yang dialami oleh penderitanya memiliki kemiripan dengan kondisi medis lain seperti dampak dari kecanduan alkohol & narkoba maupun penyakit tiroid. Oleh sebab itu, dokter harus memastikannya dengan bertanya langsung pada orang terdekat si penderita.

Selain itu jika diperlukan untuk memastikan gejala-gejala yang muncul, dokter juga akan melakukan penelitian di laboratorium. Jadi, seseorang tidak berhak mendiagnosis dirinya terkena gangguan bipolar sebelum konsultasi dengan dokter.

Tahap Pemeriksaan Lanjutan

Selanjutnya, apabila pada pemeriksaan mulai tampak adanya gejala-gejala gangguan bipolar pada pasien, maka kemudian akan dirujuk ke dokter spesialis jiwa (psikiater). Psikiatri kemudian akan meneliti pola berpikir dan bicara, tingkah laku, hingga kondisi fisiknya.

Dalam proses pemeriksaan lanjutan, psikiater juga akan memberikan kuesioner atau pertanyaan-pertanyaan seputar riwayat penyakit pasien serta keluarganya, bagaimana pola tidurnya hingga riwayat gejala yang sudah pernah terjadi.

Pengobatan Bipolar

Pengobatan untuk gangguan bipolar membutuhkan waktu yang lama sehingga diperlukan pengawasan dari dokter agar pasien konsisten, serta dukungan orang terdekat. Penanganannya dapat dilakukan dengan pemberian obat seperti mood stabilizer, antidepresan, antikonvulsan, juga antipsikotik.

Selain itu, psikoterapi juga sangat diperlukan. Namun untuk menentukan metode apakah yang tepat, diperlukan konsultasi dengan dokter sebelum memulainya. Peran orang terdekat seperti keluarga sangatlah penting dalam hal ini untuk membantu menangani gejala-gejala yang muncul.

Apa yang Terjadi Jika Bipolar Tidak Diobati?

Bipolar mungkin tidak secara langsung dapat menyebabkan kematian. Namun, jika dibiarkan terus menerus tanpa pengobatan yang baik maka akan berpengaruh pada kesehatan mental maupun fisik yaitu otak. Selain itu, penderitanya juga cenderung lebih rentan terhadap stress dan frustrasi.

Karena penderita bipolar juga tidak mudah lelah dan mengantuk, sehingga banyak dari mereka yang kehilangan waktu istirahat. Kondisi psikologis lain mungkin dialami seperti mudah pesimis, suka mengunci diri di kamar bahkan parahnya lagi bisa timbul keinginan untuk bunuh diri.

Bipolar adalah salah satu dari sekian banyak masalah kejiwaan yang dialami manusia. Meski jumlah kasusnya memang tidak seberapa. Namun penyakit ini perlu diwaspadai mengingat banyak kejahatan terjadi akibat gangguan jiwa. Untuk informasi lebih banyak lagi, silahkan masuk ke laman SehatQ.com.

Kesehatan
Tags: