Lanskap Singkat Seputar Ecommerce Insight di Masa Pandemi Covid-19

E-Commerce Insight

Pandemi Covid-19 membuat Indonesia mengalami masa resesi ekonomi pertama kalinya sejak 22 tahun terakhir. Meskipun demikian keadaan itu tidak menurunkan animo belanja masyarakat. Di tengah kondisi tersebut, kini ecommerce insight menjadi topik hangat perbincangan para pebisnis online.

Gambaran Singkat Ecommerce Insight Saat Pandemi

Seperti telah dipaparkan sebelumnya, bahwa kasus Covid-19 yang melanda seluruh dunia memang membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi global. Untuk mengetahui lebih mendalam, berikut ini terdapat beberapa poin gambaran singkat mengenai ecommerce insight saat pandemi.

  1. Festival Belanja Sukses Meningkatkan Minat Belanja Masyarakat

Selama kuartal tahun 2020, faktanya pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia tidak menyurutkan minat belanja masyarakat. Bahkan dengan diadakannya berbagai event festival justru mendorong para pelaku bisnis sibuk dan jumlah transaksi jual beli meningkat secara tajam.

Berdasarkan hasil survey dari SIRCLO, sepanjang event Harbolnas 12.12 jumlah pesanan atau transaksi jual beli meningkat tajam hingga mencapai 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa pandemi tidak menyurutkan minat belanja masyarakat.

  1. Sistem Pembayaran Digital Menjadi Tawaran Menguntungkan

Jika diteliti kembali, sebelum merebaknya kasus Covid-19 yang melanda seluruh dunia para pengguna e commerce lebih memilih metode pembayaran secara tunai dengan sistem COD. Namun, mengingat kondisi pandemi seperti sekarang pertukaran uang dinilai kurang aman.

Hal tersebut sesuai penjelasan dari WHO. Tentunya kondisi tersebut berdampak pada penurunan metode pembayaran COD saat pandemi. Secara tidak langsung keadaan itu, justru meningkatkan preferensi penggunaan dompet digital yang dirasa lebih aman dan menguntungkan.

  1. Peningkatan Jumlah E-Shopper dari Luar Jawa

Meningkatkan jumlah e-shopper dari luar pulau Jawa menjadi salah satu fenome yang mengisi lanskap data insight pada kuartal 2020. Kondisi tersebut menggambarkan bahwa perkembangan e commerce mulai berkambang secara bertahap dan merambah seluruh pelosok negeri.

Menurut hasil survey dari SIRCLO, ditemukan data insight bahwa jumlah permintaan pesanan dari luar pulau Jawa selama masa pandemi terus mengalami peningkatan. Bahkan persentasenya mencapai 4 kali lipat dibandingkan tahun 2019.

Demikianlah ulasan singkat seputar gambaran ecommerce insight yang perlu dipelajari dan dipahami oleh para pebisnis online. Terutama bagi pengusaha pemula di bidang online. Semoga penjelasan singkat di atas bisa membawa manfaat dan menambah pengetahuan masyarakat.

Bisnis, Lifestyle